Ranking BWF- Jonatan Christie Sukses Naik Dua Peringkat

Badminton World Federation (BWF) telah merilis ranking terbaru para pemain top dunia setelah French Open 2023. Lonjakan peringkat dialami beberapa atlet Merah Putih, termasuk Jonatan Christie.

Indonesia berhasil merebut satu gelar dan runner up di turnamen BWF Super 750 French Open yang berlangsung 24-29 Oktober 2023. Jonatan merebut titel pertamanya di level tersebut.

Ia menjadi juara setelah menyingkirkan Li Shi Feng di babak final. Buah keberhasilannya, kini Jonatan Christie mendapatkan kenaikan dua tingkat daftar peringkat dunia yang dirilis BWF dalam lamannya per tanggal 31 Oktober 2023.

Baca juga: Jonatan Christie Juara French Open 2023 Usai Taklukkan Li Shi Feng

Jojo, begitu ia karib disapa, menempati peringkat keempat berkat keberhasilannya di French Open 2023. Sebelumnya ia berada di ranking keenam.

Naiknya peringkat Jonatan Christie dibarengi turunnya Kodai Naraoka (Jepang) dan Kunlavut Vitidsarn (Thailand), yang sebelumnya berada di urutan ketiga dan keempat. Posisi ketiga kini ditempati Li Shi Feng (China), tepat di bawah Anthony Sinisuka Ginting di posisi kedua.

Selain merebut gelar, Indonesia juga meraih runner up lewat ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di French Open 2023. Posisi itu pun membawa mereka masuk dalam jajaran 10 besar ganda putra terbaik BWF.

Bagas/Fikri yang tercatat masuk final di dua turnamen beruntun, di Denmark dan Prancis, naik dua tingkat dari sebelumnya di posisi ke-12 pada pekan lalu. Peningkatan juga diraih Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang naik ke posisi ke-9 pada pekan ini. Hal ini membuat ganda putra Indonesia kembali mendominasi di 10 besar ranking dunia.

Baca juga: Jonatan Christie Juara French Open 2023, Ini Target-target Berikutnya

Seiring hasil dari French Open 2023, daftar peringkat ganda putra negara-negara lain juga mengalami perubahan. Sakwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty tak lagi menjadi raja ganda putra. Pasangan India itu turun drastis ke peringkat kelima pada pekan ini.

Posisi mereka digantikan pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang dengan 89991 poin. Disusul Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) peringkat kedua dan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) di urutan ketiga. Sedangkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tetap berada di peringkat keempat.

Beralih ke sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, juga tak ketinggalan. Keberhasilan mereka menembus semifinal French Open membuat mereka kebagian naik dua tingkat dari posisi sebelumnya di posisi ke delapan dengan 77.443 poin.

Lihat Video ‘Jonatan Christie Juara French Open 2023 Usai Taklukkan Li Shi Feng’:

[Gambas:Video 20detik]

(mcy/krs)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Aqilaflorist. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.